UNSUR PEMBENTUK NASKAH

UNSUR PEMBENTUK NASKAH

     Dalam khasanah teater remaja/dewasa dapat disimpulkan unsur utama adalah naskah lakon,sutradara, pemain, dan penonton. Sedangkan untuk mendukung keempat unsur diatas adalah tata artistik yang membrikan keindahan dan mempertegas makna lakon yang dipentaskan.

NASKAH
     Salah satu ciri mendasar dalam naskah lakon adalah harus mempunyai struktur yang jelas, yaitu tema,plot,setting, dan tokoh.
     Akan tetapi Aristhoteles telah menemukan komposisi yang lbih gamblang dalam menentukan dan membuat naskah lakon yaitu hatus memiliki 5 unsur diantaranya :

  1. Eksposisi (pemamparan)
Sebuah naskah harus memiliki sinopsis yang rinci sebagai patokan pembaca/ pelaku untuk mengetahui jalan cerita yang akan di pentaskan.

  1. Komplikasi (tehnik muncul)
Hal ini wajib disertakan bertujuan menarik perhatian      penonton.

  1. Klimaks (puncak ketegangan)
Dalam sebuah cerita atau pementasan harus ada klimaks agar cerita sanggup memberi kesan tersendiri kepada penontonnya. Sehingga penonton dapat memberikan apresiasi dan sanggup memilah milah apa yang ingin disampaikan pada cerita. 

  1.  Anti klimaks (ketegangan menurun)
Dalam pementasan juga wajib anti klimaks agar penonton lebih memahami apa yang ingin kita sampaikan dalam pementasan tersebut. Anti klimaks bukan berarti cerita sudah selesai lho? Akan tetapi lebih menekankan pada pepmabian masalah. Nggak enak juga kan kita lihat pementasan yang isinya perkelahian terus?

  1. Resolusi (penegasan)
Lebih gampangnya adalah penyampaian maksud cerita.

  1. Konklusi (kesimpulan)
Nah... sedangkan di tahap ini, semuanya harus tau bagaimana kita membuat ending atau kesimpulan cerita.

0 komentar:

Posting Komentar