SEJARAH SINGKAT TEATER

SEJARAH SINGKAT TEATER
OLEH DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
SINOPSIS: GT.SASMITA

Banyak  yang menyimpulkan Teater berasal dari peradapan Mesir kuno pada abad 4000SM saat memperingati Dewa Dionisus. Kemudian dikembangkan menjadi festival yang diikuti oleh masyarakat pada jaman itu.
TEATER sendiri berasal dari bahasa Yunani. Theatron yang berarti Tempat pertunjukan.
Teater sering juga disebut Drama. Sedangkan Drama itu sendiri telah ada sejak peradaban Mesir kuno pada tahun (4000-1580)SM. Darama memliki arti berbuat atau bertindak. Sampai pada akhirnya, definisi Tetaer dan Drama di sandingkan sedemikian erat karena didalamnya merupakan satu kesatuan antara Teks, lakon,naskah, dan panggung Pertunjukan.

Dalam perkembangan selanjutnya, teater merupakan sebuah pementasan yang komlpeks. Karena menggabungkan berbagai disiplin seni. Mulai dari audio,visual, dan kinestetik (gerak). Di sehingga membutuhkan banyak tenag yang berkompeten dalam bidang penulisan naskah, tata artistik panggung, tata artistik aktor (rias), tata musik, tata pencahayaan, tata gerak, dsb.
Sebuah pertunjukan Teater itu sendiri memiliki beberapa tujuan yaitu:
bagi penyelenggara : merupakan kepuasan tersendiri dalam sebuah karya yang di pentaskan.
Bagi penonton  :  dapat memperoleh pngalaman batin dan mendapat pembelajaran dari sebuah pementasan yang telah di pertunjukkan. Sehingga mampu mengaplikasikan ke dalam  masyarakat luas.

0 komentar:

Posting Komentar