JENIS-JENIS NASKAH

JENIS-JENIS NASKAH


      Pementasan teater dibagi menjadi beberapa jenis pementasan /aliran. Antara lain adalah sebagi berikut:


1.  Aliran realisme

Adalah aliran yang ingin mengemukakan kenyataan atau sesuatu yang bersifat lahiriyah. Sifat yang terkandung dalam karya-karya beraliran realisme ini adalah adanya obyektivitas yang sangat tinggi, karena pengarang menggambarkan dunia kenyataan mulai dari dialog hingga pernak-pernik yang akan dipentaskan.

2.  Absurd

Secara etimologis menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Absurditas adalah suatu paham atau aliran yang didasarkan pada kepercayaan bahwa manusia secara umum tidak berarti dan tidak masuk akal. Jadi, karya absturd adalah karya yang dalam pembuatan dan pementasannya memiliki tingkat kesulitan yg tinggi. Mulai dari pembuatah dialog tohoknya hingga tata artistik nya. Seniman abstrud tidak mengedepankan pementasan yang bisa di pahami penontonnya, melainkan hanya pementasan eksperimental dari penggagasnya

3.  Suryalis


Surealisme adalah aliran di dalam kesusastraan yang banyak melukiskan segala sesuatunya dengan kekuatan kata-kata(dialog) atau tingkah laku aktor sebagai simbol penyampaian cerita. Biasanya aliran ini tidak memerlukan banyak tata artistik.

0 komentar:

Posting Komentar